How To Change Visa D2 to D10 korea

Hai hai.... Annyeong........

Aku ada informasi menarik nih :3 i have interesting information for student who still want to stay in korea but, your visa will be expire. Buat kamu pelajar yang sudah lulus, ingin mengganti status visa dari D-2 (visa pelajar) ke visa D-10 (visa mencari pekerjaan), jangan khawatir....

Apa sih visa D-10 itu? What is D-10 status visa???

D-10 status visa is, visa for student who graduated and seeking job in korea. Visa yang diperuntukkan buat pelajar yang sudah lulus, dan ingin mencari pekerjaan di korea.

Apa aja sih dokumen yang di perlukan?

I will let you know, HOW TO CHANGE YOUR VISA STATUS FROM D2 to D10.

Dokumen yang dibutuhkan:

- Applikasi Form (dapat di ambil di kantor imigrasi)
- Status Change Sojourn (dapat di ambil di kantor imigrasi)
- Photo Passport 3.5 x 4.5
- Photocopy passport
- Photocopy ARC (Alien Registration Card)
- Photocopy of Certificate University Graduation
- Photocopy of transcript score
- Fotokopi kontrak ruangan / surat keterangan tinggal bersama (Photocopy contract rent room)
- Fotokopi status meninggalkan tempat yang lama (status sojourn from your dormitory or last your sojourn, if you do not change your address in ARC yet)
- You have to pay 130.000 KRW
DONT FORGET TO BRING YOUR ARC TOO....

nb: jika kamu ga punya status tinggal di tempat yang lama, kamu akan dikenai biaya tambahan sekitar 70.000 KRW as penalty (denda).

Dan yang bikin kaget lagi..... Di kantor imigrasi, kamu tidak akan dimintai dokumen tentang uang-uangan dari bank. Gampang kan? Ga perlu khawatir. Kan kamu niat nya mau cari kerja, bukan sudah bekerja.

Jika dokumen sudah lengkap, tinggal tunggu saja 2 minggu kemudian. Kamu akan di hubungi kantor imigrasi, untuk mengambil visa baru yang kamu urus beberapa hari yang lalu.

For your information nih, visa D-10 hanya berlaku 6bulan dan dapat di perpanjang hingga 4x alias 2tahun. But, if you still do not work yet, you have to search different way to change your Visa status.

Setelah dokumen lengkap, harap di periksa lagi. Takut ada yang kurang :) di harapkan datang ke kantor imigrasi pada pagi hari. Karena jika kamu telat sedikit saja.... Kamu tidak akan mendapatkan nomer untuk mengumpulkan data-data dokumenmu.

Yaps!!! Aku tidak memperpanjang visa pelajarku, karena.... I want to get job first XD walaupun aku ya masih lanjut transfer buat kuliah sih...

Aku mau mencari kerja dulu, setahun. Kemudian aku akan kembali menjadi pelajar di salah satu universitas di korea XD

Why i do that???

Ya apa lagi kalau bukan biar ada alesan tinggal lama di korea?! setelah kembali mendapatkan visa D-2, aku akan mengganti visa ku menjadi visa tipe F (permanent residence or spouse who korean) yups,.... Kecintaanku terhadap korea, tidak ingin aku hilangkan. Aku benar-benar mencintai korea as much as i love park jin beom LOL. I will not back to indonesia, untill i can get F type of visa cause of being Mam Park (read: park jin beom's wife)...... ^.^ hahahahahahahahahaha amiin.....................


And last.... Bye bye my last Foreigner Registration Card... I can't wait my new ARC in 2 weeks later >.< cause i like that picture so much!!!! Lol (the last ARC's pict is AIB lololol)

Comments

  1. Halo. Maaf ini mau bertanya. Kalo kontrak ruangan yang baru belum ada gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmmm ke kantor imigrasi, ambil kertas surat keterangan tinggal bersama, jadi temennya itu menyatakan kl kaka tinggal di rumahnya dia. Hehe

      Delete
  2. Katanya ada batas kadaluarsa visa D2 setelah wisuda ya? ITU kira2 brapa lama ya mbak? Thanks :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebulan stlh kelulusan mbak. tapiii itu buat yg mau for good

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Statice Museum, Beautiful Secret Near From Hongik University

Visit SMTOWN COEX ARTIUM

My First Concert's Experience - MUSIC BANK